Rabu, 23 Februari 2011

PERENCANAAN STUDI LANJUT DAN KARIR

kegiatan studi lanjut dan memutuskan karir merupakan kegiatan yang dialami oleh semua individu kegiatan in juga merupakan salah satu dari tugas perkembangan. seperti yang dikemukakan oleh R J. Havighurst bahwa tugas - tugas perkembangan merupakan tugas - tugas orang atau anggota kelompok masyarakat yang harus ditunaikan prestasi yang harus sudah dicapai. pada tahap - tahap tertentu perkembangan dalam hidupnya sejak lahir sampai usia tua sesuai dengan harapan kebudayaan masyarakat dimana ia tinggal atau menjadi anggotanya. 

jika seseorang gagal menunaikan tugas tertentu maka kemungkinannya ia akan menjumpai kesulitan atau terhalang dalam menjalankan tugas - tugas dalam tahap - tahap berikutnya.di bidang pekerjaan kalau pada suat tahap perkembangan seorang remaja tidak mempunyai pengetahuan tentang kerja atau belum mengembangkan sikap kerja yang dikehendaki maka akan sulit baginya kalau kemudia bekerja untuk mencari nafkah. perkembangan itu bersifat berkelanjutan dan berangsur - angsur jadi tidak terpisah - pisah atau lepas - lepas, demikian tugasnya
sejauh ini ada beberapa pengertian perencanaan studi lanjut dan karir. adapun pengertian - pengertian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Walker : perencanaan karir sebagai proses pribadi dari perencanaan kerja seseorang. hal ini termasuk mengevaluasi kemampuan dan minat,mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, dan merencanakan aktivitas pengembangan praktis.
2. Storey menjelaskan bahwa perencanaan karir dipandang sebagai proses untuk menjadi sadar akan diri sendiri kesempatan hambatan pilihan dan konsekuensinya, mengidentifikasi tujuan karir, memprogram kerja pendidikan dan pengalaman pengembangan yang berkaitan untuk  menentukan arah waktu dan tahapan ujian karir.
3. walker & gutterridge memandang bahwa perencanaan karir adalah suatu ide organisasi untuk membantu para pekerja dalam menganalisa kemampuan, minat dan rencana serta aktivita pengembangan karir. perencanaan karis mencakup identifikasi, alternatif, penentuan tujuan, pemilihan aktifitas pengembangan untuk mencapai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar